Rabu, 10 Agustus 2011


Siapa yang tidak mau badannya tinggi? Mempunyai badan yang tinggi merupakan dambaan setiap orang. Kebanyakan dalam masalah tinggi badan memang di negeri indonesia sendiri tak urung mempunyai tinggi yang pas-pasan. Hal tersebut dikarenakan faktor keturunan. Satu hal yang perlu dipahami terlebih dahulu bahwa tinggi badan sangat ditentukan oleh gen.
Keturunan
Keturunan merupakan penentu utama dalam tinggi tidaknya badan kita. Tapi anda jangan urung dulu jika orang tua anda mempunyai tinggi yang pas-pasan. Anda dapat berusaha dahulu agar dapat mempunyai tinggi yang anda inginkan. Akan tetapi anda harus menentukan target dahulu untuk mencapai tinggi badan yang ditentukan. Jangan sampai anda mempunyai target yang melebihi dari kemungkinan. Sebab jika anda menginginkan target seperti postur tubuh orang luar negri yang tinggi-tinggi itu hal yang sangat mustahil. Kecuali jika anda sudah dilatih sejak balita.
Makanan
Konsumsi makanan juga merupakan penentu dalam tinggi badan anda. Begitu juga dengan tubuh, membutuhkan nutrisi yang cukup supaya dapat tumbuh dengan optimal. Tinggi badan menunjukkan kualitas gizi orang tersebut saat masa kanak-kanak dulu. Jika kualitas gizi orang itu kurang pada masa kanak-kanak dulu, orang tersebut cenderung pendek pada masa dewasanya, dan sebaliknya. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang.
Olahraga
Dianjurkan untuk melakukan olah raga yang memberikan beban pada tulang panjang kaki, misalnya atletik, lari santai, lompat tali (skipping), basket, badminton dan olahraga lain yang sejenis. Dengan cara tersebut, tulang dirangsang tumbuh sedikit lagi karena hentakan berat badan. Renang bisa juga menambah tinggi badan seseorang, namun ada juga yang menyangkalnya dengan alasan bahwa berenang hanya membentuk badan supaya lebih proporsional sehingga tubuh kelihatan lebih tinggi, padahal tinggi masih tetap sama.
Suplemen
Ada juga suplemen maupun produk lain di pasaran yang menjanjikan penambahan tinggi badan secara instan (misalnya dengan meluruskan tulang belakang), tapi saya tidak menganjurkan hal tersebut karena saya memang belum memiliki data ilmiah mengenai produk tersebut, terutama mengenai tingkat keberhasilan dan keamanannya.
Reactions:
Categories: ,

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi Blog ini. Kritik dan saran sangat dibutuhkan bagi Saya untuk memperbaikinya.

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!