Kamis, 25 Agustus 2011


Sakit perut di sebabakan oleh banyak kuman yang bisa menimbulkan penyakit perut. Yait yang salah satunya diare. Diare dinilai berpenyakit, jika frekuensinya dari 5 kali dalam sehari. Kecurigaan bahwa diare ini infeksi (apapun penyebab infeksinya), bertambah jika diare disertai demam, nyeri kepala, tinja berlendir dan mungkin juga berdarah, mulah sewaktu mengejan, terasa ingin buang hajat, namun yang keluar sedikit-sedikit.

Penyebab dari sakit perut adalah kuman golongan coli. Kuman ini berasal dari cemaran tinja. Kualitas air minum diukur dengan jumlah kuman ini. Semakin banyak kuman ini dalam air, semakin rendah kualitas air minum. Usus yang tercemar kuman ini bisa menyebabkan sembelit juga, namun tidak sehebat diare pada kolera.
Sembelit juga berasal infeksi disentri. Disentri ada dua jenis, yaitu basil dan parasit amoeba. Dua-duanya adalah diare yang disertai lendir dan darah, mulas, pegal linu, nyeri kepala, dan demam. Semua diare yang disebabkan oleh infeksi, baik kuman, basil, maupun parasit, tidak sembuh hanya diatasi dengan minuman berorliat saja. Minuman oralit hanya mengganti kehilangan cairan tubuh. Jika kuman penyebab infeksi ususnya tidak dibasmi, diare akan terus berlanjut.
Oleh karena itu, pada semua kasus, setelah kehilangan cairannya teratasi dengan infus dan banyak minuman. Tidak lupa harus memberi anti biotika juga. Perlu diingat, jika diare kurang dari lima kali dalam sehari dan tidak disertai gejalainfeksi seperti demam, nyeri kepala, pegal linu, kemungkinan bukan disebabkan oleh infeksi.
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi Blog ini. Kritik dan saran sangat dibutuhkan bagi Saya untuk memperbaikinya.

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!