Minggu, 07 Agustus 2011


Setelah saya menderita penyakit usus buntu dan Alhamdulillah sembuh saya akan berbagi pengalaman tentang apa gejala usus buntu. yapss... langsung saja.Pada mulanya usus buntu dianggap sebagai
organ tambahan yang tak mempunyai fungsi. Penyakit ini pada umumnya dikarenakan infeksi bakteri, tetapi faktornya ada beberapa kemungkinan yang belum diketahui dengan pasti. Di antaranya faktor penyumbatan pada lapisan saluran appendiks oleh timbunan tinja yang keras, hyperplasia jaringan limfoid, penyakit cacing, benda asing dalam tubuh, parasit, cancer primer dan striktur.

Gejala usus tergantung pada tingkat penyakit tersebut :
1. Gejala Usus Buntu Akut
Dalam kondisi tersebut tubuh akan timbul panas tinggi, mual/muntah, nyeri perut kanan bawah, buat berjalan jadi sakit sehingga agak terbongkok, akan tetapi tidak semua penderita akan menunjukkan gejala seperti ini, bisa juga hanya bersifat meriang, atau mual/muntah saja.
2. Gejala Usus Buntu Kronik
Pada tingkatan ini gejala yang timbul sedikit mirip dengan sakit maag dimana terjadi nyeri samar di daerah sekitar pusar dan terkadang demam yang hilang timbul. Seringkali disertai dengan rasa mual, bahkan kadang muntah, kemudian nyeri itu akan berpindah ke perut kanan bawah dengan tanda-tanda yang khas pada apendisitis akut yaitu nyeri pd titik Mc Burney (istilah kesehatannya).
Rasa nyeri akan tergantung pada arah posisi/letak usus buntu terhadap usus besar. Apabila ujung usus buntu menyentuh saluran kencing ureter, rasa nyeri akan sama dengan sensasi nyeri kolik saluran kemih, dan mungkin ada gangguan berkemih. Bila posisi usus buntu ke belakang, rasa nyeri muncul pada pemeriksaan tusuk dubur atau tusuk vagina. Pada posisi usus buntu yang lain, rasa nyeri mungkin tidak spesifik begitu.
Apabila penyakitnya sudah terjadi lama, perlu dilakukan pemeriksaan Apendikogram. Pasien akan disuruh minum cairan seperti susu yang merupakan zat kontras. Dalam 24 jam kemudian dilakukan pemotretan dengan alat rontgen. Dengan pemeriksaan yang lengkap dan anamnesis yang lengkap kita dapat menghilangkan penyakit yang juga mungkin terjadi pada perut sebelah kanan bawah .
sumber: Tipsku
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi Blog ini. Kritik dan saran sangat dibutuhkan bagi Saya untuk memperbaikinya.

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!