Sabtu, 28 Mei 2011

HAL –HAL YANG PALING SERING DITANYAKAN DALAM WWAWANCARA, BERIKUT CARA MEJAWABNYA SECARA EFEKTIF
1.      Apakah Anda Pernah berselisih dengan Atasan Anda?
Bersikaplah bijaksana dalam menjawab seriap pertanyaan, apa pun pertanyaa. Anda tentu tidak akan memberikan kesan kepada pewawancara, bahwa Anda termasuk tipe orang yang tidak pernah pus. Anda tentu tidak ingin menhinda dan merugikan orang lain. Sebab. Semakin banyak Anda melontakan kritik kepada bekas atasan Anda, semakin curigalah si pewawacara terhadap Anda. Kalau sudah begini, dia akan cenderung “menginterogasi” dari pada  mewawancarai. Yang penting, ceritakanlah semuanya dengan sopan, tidak usah samapi yang sekecil-kecilnya, cukupgaris besarnaya saja. Jangan samapai menjelek-jelekan bekas bos And., apa lagi dengan kata-kata yang kurang padatemaptnya. Dalam wawancara, “senajata makan tuan”, artinya: orang yang menyerang orang lain, seam saja dengan meyerang dirinya sendiri.
2.      Tipe yang bagaimana Anda
Tonjolakanlah hal-hal ayng baik saja, tapi janga terus mneyombongkan diri. Bersikaplah tegas, meyakinkan, dan jelas
. Beikan kertangna yang bermanfaat bagi jensi pekerjaan yang Anda incar; informasi yang penting –penting saja. Yang perlu Anda tandaskan, ialah reputasi Anda sebagai orang yagn suka bekerja keras, mengutamakan kepentinanga perusahaan dan sebagai pekerja yang penuh penderitaan dan mengerti bagaimana cara mengikuti serta cara memeberikan instruksi
3.      Apakah Anda Bermaksud Berkerja di Sini Terus
Katakana bahwa Anda telah memikirkan rencana tersebut dengan masak. Anda ingin memajukan karier di perusahaan tersebut, dan itulah sebabanya Anda melamat pekerjaan di situ. Katakanlah bahwa Anda tak pernah bermaksud untuk pindah pekerjaan, selama posisi ANda menarik dan menguntungkan.
4.      Mengapa Anda Ingin Bekerja di sini?
Pada tahap ini, sudah ada tanda-tanda titik terang bahwa lamaran Anda akan diteruma. Jujur sajalah, jangan malu-malu menyebutkan bahwa gaji yang tinggi termasuk dalam daftar yang alasan Anda. Dan tentu saja disertai gagasan-gagasan lain yang cukup beralasan. Katakana bahwa perusahaan tersebut terkenal sebagai wahana yang tepat untuk berkerja, karena perusahaan itu member peluang bagi karyawan untuk maju dan berkembang. Katakana pula bahwa Anda ingin tetap tinggal dalam bidang Anda bermaksud untuk melanjutkan sekolah di bidang itu, si luar jam kerja,sehingga selain untuk menambah kemapuan Anda sendiri, juga menguntungkan pihak perusahaan.

5.      Berapa Gaji yang Anda inginkan
Anda beberapa jawaban alternative, pilihlah yang sesuai dengan kondisi Anda.
a.       Anda menerima gaji A ratus ribu di perusahaan tempat Anda dulu bekerja dan bila keadaan memungkinkan, Anda berharap untuk dapat memperoleh gaji yang lebih baik dari perusahaan tersebut.
b.      Anda tahu bahwa gaji untu pekerjaan tersebut adalah sekitar B dan C ratus ribu, Anda ingin mencoba mulai dengan gaji di antara tingkat B dan C, bila mungkin
c.       Anda menilai pekerjaan tersebut kesempatan untuk mengembangkan karier, jadi maslah gaji pemulaan, Anda serahkan saja kepada mereka.
d.      Anda tidak tahu harus minta gaji berapa, karena Anda memang baru kali ini melamlar pekrjaan dan diterima. Untuk gaji permulaan, terserah pada keputusan mereka.
Reactions:
Categories: ,

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi Blog ini. Kritik dan saran sangat dibutuhkan bagi Saya untuk memperbaikinya.

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!