Senin, 09 Mei 2011

ETIKA PROFESI
I. Etika
Pengertian Etika (etimologi), berasal dari bahasa Yunani yaitu “Ethos”, yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Etika biasanya berkaitan erat dengan moral yang merupakan istilah dari bahasa Latin, yaitu “Mos” dan “Mores”(jamak), yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal–hal tindakan yang buruk.


Beberapa Definisi Etika :
1. Etika (ethic) adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak). Etik: (1) kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak; (2) nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat (KBBI)
2. Etika adalah hal pokok yang menyangkut perilaku manusia yang bersifat moral, meskipun pelanggarannya tidak dapat membuat seseorang terkena hukuman penjara, namun mampu memberi pengaruh kuat demi kebaikan sesama manusia (George A. Soper)
3. Etika adalah nama yang kita berikan pada sesuatu yang menyangkut perilaku yang baik. Kita merasakan sebagai suatu kewajiban untuk diturutinya, bukan saja demi kesejahteraan pribadi kita sendiri, tetapi juga demi kesejahteraan orang lain dan umat manusia secara keseluruhan (Dr. Albert Schweitzer Peraih Nobel Perdamaian 1952)

Kandungan Ilmu Etika :
 Menjelaskan pengertian baik-buruk, seharusnya, benar-salah
 Menerangkan apa yang harus dilakukan oleh sebagian manusia terhadap sebagian yang lainnya
 Menjelaskan tujuan yang sepatutnya
dicapai manusia dengan perbuatan-perbuatan manusia itu
 Menerangkan jalan yang lurus
 Menerangkan kebiasaan-kebiasaan manusia dan budi pekerti manusia
 Menerangkan norma atau ukuran untuk mempertimbangkan perbuatan manusia
 Menerangkan tentang moral
 Menerangkan perilaku yang membawa kesejahteraan manusia

Dalam membahas etika sebagai ilmu yang menyelidiki tentang tanggapan kesusilaan atau etis, sama halnya dengan berbicara moral (mores). Manusia disebut etis, ialah manusia secara utuh dan menyeluruh mampu memenuhi hajat hidupnya dalam rangka asas keseimbangan antara kepentingan pribadi dengan pihak yang lainnya, antara rohani dengan jasmaninya, dan antara sebagai mahluk berdiri sendiri dengan penciptanya. Meskipun demikian terdapat perbedaan antara etika dan moral, yaitu moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dilakukan, sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilai – nilai yang berlaku.

Istilah yang identik dengan etika, yaitu :
Reactions:
Categories: ,

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi Blog ini. Kritik dan saran sangat dibutuhkan bagi Saya untuk memperbaikinya.

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!