Jumat, 08 Juli 2011


Penampilan Anda akan mencerminkan kepribadian Anda. Baik buruknya penampilan, berperan besar dalam menunjang kesuksesan  seseorang. Penampilan meliputi : busana, tata-rias, rambut, kesehatan tubuh, kuku, gigi dan mulut serta aksesoris penunjang lainnya. Busana ialah segala sesuatu yang kita pakai mulai dari kepala sampai ke ujung kaki.. Didalam hal ini termasuk :  (1) semua benda yang melekat di badan seperti : baju, sarung dan kain panjang. (2) semua benda yang melengkapi dan berguna bagi si pemakai (millin
eries) seperti : selendang, topi, sarung tangan, kaos kaki, sepatu, tas, ikat pinggang dan (3) semua benda yang gunanya menambah keindahan bagi si pemakai (accessories), seperti : hiasan rambut, giwang, kalung, bros, gelang dan cincin. Seseorang berbusana tentunya memiliki tujuan diantaranya : (1) busana merupakan cermin bagi sipemakai. Artinya kita dapat mengatakan sipemakai dari daerah mana, dari negara mana, (2) busana yang sedang dipakai memberi ciri untuk kesempatan apa dan waktunya pagi, siang, sore dan malam, dan(3) busana dapat memberi kesan anggun, luwes, sportif, lebih gemuk dan lebih cerah. Berbusana sopan tidak berarti berpenampilan kuno atau ketinggalan jaman. Berbusana sopan artinya tidak mempertontonkan tubuh seseorang. Busana sepatutnya membantu kita mengungkapkan siapa kita, dan bukannya memamerkan sekedar daging. Cara kita berbusana menginformasikan kepada orang lain bagaimana seharusnya memperlakukan kita, apakah dihormati sebagai seorang pribadi atau sebagai sepotong daging belaka.

Berikut adalah sejumlah tolak ukur yang dapat dipakai untuk mengukur sejauh mana kita sudah berpenampilan yang menawan namun tetap beretika :
1)      Menjaga sikap tubuh yang seimbang ( cara berdiri, duduk, berjalan, dll )
2)      Menunjukkan ekspresi wajah yang simpatik
3)      Menjaga kebersihan diri
4)      Menjaga bau badan  dan mulut
5)      Menjaga kesehatan sehingga tampil prima

Fungsi pakaian antara lain :
1.     Memenuhi kebutuhan kesusilaan dan kebudayaan suatu bangsa yang berkebudayaan dan menunjang tinggi kesusilaan, pasti menempatkan busana sebagai kebutuhan utama 
2.     Memenuhi kebutuhan kesehatan : busana gunanya untuk melindungi badan dari udara dingin, panas, angin  (artinya sesuai dengan iklim). 
3.     Memenuhi kebutuhan keindahan : artinya busana dapat membuat diri seseorang kelihatan indah, dapat menutupi bagian-bagian badan yang kurang ideal.  
baca juga artikel selanjutnya, 

Reactions:
Categories: , ,

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi Blog ini. Kritik dan saran sangat dibutuhkan bagi Saya untuk memperbaikinya.

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!