Jumat, 08 Juli 2011

Saat berkomunikasi dengan sesama manusia diperlukan tatakrama mulai dari etiket berkomunikasi, etiket di rumah, di sekolah, di tempat umum, di perjalanan, etiket dalam berbusana, serta dalam pergaulan. Demikian pula dengan etiket berpakaian dan berbusana. Dalam bersosialisasi dengan segala lapisan kita harus mengedepankan etika tersebut bila ingin dihargai.  Tips berpenampilan secara umum yang dapat digunakan dalam semua keadaan di antaranya adalah :
1.     Penuhi tiga syarat mutlak : sederhana,
serasi dan sopan
2.     Berpakaian bersih, rapi dan tidak berbau
3.     Sesuaikan dengan kepribadian Anda. Kenyamanan dalam berpakaian sangat berperan dalam meningkatkan kepercayaan diri Anda
4.     Sesuaikan dengan waktu, acara, dan tempat acara. Misalnya, kaos sebaiknya tidak dipakai dalam suasana formal seperti sekolah, kantor, seminar, pertemuan bisnis resmi, seminar, perkawinan dan sebagainya.
5.     Pakailah pakaian sesuai ukuran tubuh Anda. Pada dasarnya bentuk tubuh manusia digolongkan menjadi 5 (lima) yaitu normal atau ideal, gemuk pendek, kurus pendek, tinggi gemuk, dan  tinggi kurus
6.     Kenali kelebihan dan kekurangan tubuh Anda. Tak perlu khawatir, karena bentuk tubuh yang kurang sempurna dapat ditutupi dengan mengenakan busana yang potongan, model dan warnanya sesuai untuk tubuh Anda, misalnya :  
-   untuk yang berbadan normal memakai busana berbentuk apapun cocok.
-   wanita yang berbadan gemuk pendek, maka hal-hal yang harus diperhatikan adalah rancangan busana sebaiknya memakai garis memanjang dan vertikal, rok agak melebar dibawah sementara itu potongan bagian panggull jangan terlalu sempit, pilih bahan yang lemas dan bisa juga memainkan hiasan berupa deretan kancing dari atas kebawah.

-    jika anda adalah wanita yang memiliki badan kurus pendek maka untuk menutupi kekurangan anda adalah dengan cara memperhatikan garis rancangan, sebaiknya melebar atau horizontal, hindari busana dari bahan strait, blus dan rok bawah senada, pilihlah motif bahan kecil-kecil dengan tekstur lembut.
-   wanita yang memiliki bentuk tubuh tinggi gemuk agar tampak pendek dan kurus haruslah memperhatikan garis rancangan kombinasi antara vertikal dan horizontal harus ada keseimbangan, potongan busana dibuat pas,, panjang blus dibuat melebihi garis panggul, dan lengan polos. Pilihlah bahan yang halus dengan warna kusam.
-   untuk wanita yang berbadan tinggi kurus, rancangan busana yang dipakai hendaknya dengan garis melebar, busana dibuat sedikit longgar, bahan yang dipilih agak kaku dan bermotif, tas dan ikat pinggang sebaiknya besar dan lebar.
7.       Perhatikan keserasian warna. Dalam berpakaian, keserasian warna merupakan hal yang teramat penting. Oleh karena itu belajar menyerasikan warna harus dimulai yang kecil. Misalnya keserasian warna pakaian dalam dengan baju / celana yang akan dipakai, sampai dengan keserasian warna tas dan sepatu.
 Tips : Untuk stelan jas, hendaknya pertama-tama milikilah warna hitam, lalu beige. Kedua warna tersebut bersifat  
 netral bila dipadu padan dengan warna rok lain. Sesudah itu barulah warna yang lain seperti biru dan lain    
  sebagainya
8.       Pemakaian sepatu dan tas, hendaknya kita memiliki (walaupun hanya sebuah) sepatu dan tas. Pilihlah warna hitam atau coklat.
9.       Berbusana Nasional :
a. Pakaian Nasional berbeda dengan pakaian tradisional, pakaian  tradisional biasa dipakai untuk show;
b. Jangan memakai jaket kulit jika sedang berkebaya / berpakaian nasional;
c. Pilihhan warna untuk pagi, siang dan malam perlu diperhatikan;
d. Bahan yang berbordir emas serta brokat tidak dapat dipakai pada pagi dan siang hari; 
e. Agar lebih praktis, buatlah model kain yang sudah diwironi; 
f. Kain panjang untuk sarung hendaknya jangan dijahit; 
g. Kebaya tembus pandang sebaiknya memakai camisole / lining;
h. Untuk yang berbadan besar, kebaya sebaiknya tidak terlalu pendek dan hindari warna-warna mencolok. 
10.    Pakaian Malam
a.                              Pakaian malam berbeda dengan pakaian yang digunakan untuk acara pagi hari; 
b.     Pakaian malam sebaiknya agak sedikit berkesan mewah / fancy. Untuk mendapatkan kesan mewah, tidak   berarti baju tersebut harus mahal, asal kita dapat / mengetahui trik-trik, kita dapat menjadikan sepotong baju terusan hitam / gelap dipadu padan dengan corak terang atau stola / selendang brokat / prada, itu akan menjadikan pakaian malam yang indah dan anggun;
c.     Untuk sitting dinner, tas sebaiknya dipangku / digantungkan dikursi.
11.    Sesuaikan tata rias (wajah dan rambut) dengan acara dan waktu (pagi, siang, sore)
12.    Pemakaian dasi
-    Untuk acara formal, kenakan dasi bercorak konservatif (garis, geometris, kotak – kotak). Untuk acara formal di siang hari kenakan dasi dari bahan yang tidak mengkilap
-    Tidak ada salahnya menggunakan dasi bermotif meriah (polkadot, bunga-bunga, gambar kartun) untuk acara santai
-    Pilihlah dasi sesuai bentuk tubuh. Jika bertubuh pendek hindari dasi yang terlalu lebar dan pastikan ujung dasinya menyentuh kepala ikat pinggang.
-    Upayakan warna dasi lebih mencolok daripada warna kemeja atau jas
-    Sesuaikan warna dasi dengan warna kemeja, jas, celana panjang, kaos kaki dan sepatu
13.    Jika ingin mudah dipadupadankan, sebaiknya dalam memilih pakaian, pilihlah warna standar seperti hitam, coklat, putih, dan biru tua
Reactions:
Categories: , ,

1 komentar:

Terima kasih telah mengunjungi Blog ini. Kritik dan saran sangat dibutuhkan bagi Saya untuk memperbaikinya.

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!