Minggu, 05 Juni 2011


Kali ini postingannya adalah tentang jenis- jenis ruat. Baik, langsung ke TKP aja dah.Jenis – jenis surat digolongkan berdasarkan criteria tertentu.
          1.          Menurut Isinya
a.       Surat dinas pemerintah
à dibuat oleh badan pemerintah, isinya berkaitan dengan pesan kedinasan, contoh: SK (Surat Keputusan), nota dinas, dan surat perintah.
b.       Surat bisnis/niaga
à dibuat oleh perusahaan, isinya berkaitan dengan kegiatan transaksi bisnis (profit oriented), contoh: surat pesanan, surat gugatan.
c.       Surat sosial
à surat yang ‘lahir’ dalam aktivitas bisnis maupun kedinasan yang isinya tidak terkait langsung dengan urusan bisnis maupun kedinasan, lebih berfungsi membangun citra baik yang baik antar perusahaan maupun pimpinan dengan bawahan. Contoh: surat undangan pernikahan, surat ucapan terima kasih, surat ucapan belasungkawa.
d.       Surat legal

à surat-surat yang memiliki kekuatan hukum, bisa berkaitan dengan kegiatan bisnis, dinas, maupun pribadi. Contoh: surat perjanjian, surat wasiat, surat kuasa.
e.       Surat pribadi
à ditulis oleh seseorang kepada orang lain yang isinya berupa pesan-pesan pribadi penulisnya,bukan untuk kepentingan organisasi maupun urusan bisnis.
          2.         Tujuan Penulisannya
a.       surat informatif à bertujuan menyampaikan informasi yang diketahui oleh penulis kepada penerima surat, lebih banyak berupa fakta.
Golongan surat informatif adalah sebagai berikut:
JENIS SURAT
TUJUAN
Pemberitahuan
Memberi informasi hal yang perlu diberitahukan.
Perkenalan
Memberi informasi tentang perusahaan, produk, atau programnya.
Laporan
Memberi informasi mengenai hal yang telah dilakukan atau hasil yang diperoleh.
Referensi
Memberi informasi mengenai kompetensi dan perilaku kerja seseorang.

b.      surat persuasif à bertujuan menyampaikan keinginan penulis terhadap penerima surat. Yang termasuk surat persuasif adalah:
JENIS SURAT
TUJUAN
Penawaran
Penerima surat bersedia membeli barang yang ditawarkan.
Permintaan
Penerima surat bersedia memenuhi permintaan yang diajukan penulis.
Keluhan
Penerima surat bersedia memperbaiki kesalahan sesuai keluhan yang diajukan.
Penagihan
Penerima surat bersedia membayar utangnya.
Perintah
Penerima surat bersedia melakukan tindakan sesuai perintah dalam surat.

          3.          Wujudnya (Tampilan fisiknya)
a.       Surat bersampul
b.      Kartu pos
c.       Warkat pos
d.      Telegram
e.       Teleks
f.       Faksimile
g.      E-mail (Surat elektronik)
h.      Memo dan Nota
i.        Surat tanda bukti
         4.         Besarnya Audien (Sasaran yang dituju)
a.       Satu orang: surat panggilan kerja, surat tagihan, dan surat peringatan.
b.      Sekelompok orang: surat edaran dan memo.
c.       Banyak orang: surat pengumuman.
          5.          Urgensi Penyelesaiannya
a.       Sangat penting (surat kilat)
b.      Penting (surat segera/ekspres)
c.       Biasa
         6.         Kerahasiaannya
a.       Sangat rahasia
b.      Rahasia
c.       Konfidensial
d.      Biasa

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi Blog ini. Kritik dan saran sangat dibutuhkan bagi Saya untuk memperbaikinya.

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!