Rabu, 02 Januari 2013



   Pepatah lama mengatakan bahwa nama adalah doa. Ternyata, penelitian menemukan bahwa nama tak hanya doa, melainkan faktor yang dapat membantu keberhasilan dalam karir dan bersosialisasi. Semakin mudah nama diucapkan, semakin besar kemungkinan mendapatkan promosi ditempat kerja dan mencari teman. Para peneliti dari University of Melbourne dan Stern School New Your Univerisity of Business menemukan orang yang namanya mudah diucapkan lebih dianggap baik oleh orang lain. Selian itu poitisi yang memiliki nama sederhana juga lebih disukai dan lebih mungkin dipilih.


   “Temuan ini menungkapkan bahwa perngaruhnya bukan hanya karean panjang anam atau terdengar asing atau tidak, melainkan seberapa mudahnya untuk diucapkan, “kata peneliti, Dr Simon Laham dari Univerity of Melbourne.

   Dalam penelitian ini, para peneliti melihat bagaimana nama dapt mempengaruhi kesan pertama pengambilan keputusan. Peneiliti menemukan bukti efek pengucapan nama dimana orang yang memiki nama yang mudah diucapakan dipandang lebih positif oleh orang lain. Dan kebanyakan orang bahkan tidak menyadari hal ini.

   Peneliti melihat puluhan nama kelaurga dari kewarganegaraan yang berbeda dari sekitar 500 mahasiswa universitas dan 500 pengacara dari Amerika. Hasilnya, orang yang memiliki nama yang lebih mudah dicupakan lebih mungkin untuk memenangkana jabatan politik. Sementara itu, pengcara AMerika dengan nama yang terdengar lebih mudah diucpakan juga lebih cepat dipromosikan lebih cepat dalma firma hukumnya.

“kecenderungan ini nampanknya melaus ke profesi lain juga. Orang tidak menyadari dampak bahwa anma dapt berpengaruh pada penilian orang lain terhadap mereka, “kata rekan peneliti, adam Alter dari Stern School of Business seperti dilansir HealthDay.
Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Social Psychology ini penting untuk melihat bagaimanakah damapak bias dan diskriminasi yang terjadi di masyarakat.
Temuan ini memperkuat kesimpulan penelitian sebelumnya ayng menunjukkan bahwa saham perusahaan dengna nama sederhana mengungguli nama-nama perusahaan yang lebih rumit segera setelah dipasarkan.

Sumber “detik.com

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi Blog ini. Kritik dan saran sangat dibutuhkan bagi Saya untuk memperbaikinya.

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!